Navigation Bar

Ten Dollar Click


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese

Wellcome

Senin, 27 Juni 2011

10 Jenis Virus Terganas Di Dunia Komputer

Inilah virus-virus yang pernah diciptakan dan berhasil mengguncang dunia maya ;

01. Storm Worm
Muncul pada tahun 2006, disebut “Storm Worm” karena menyebar lewat email dengan judul “230 dead as storm batters Europe”. Storm Worm adalah program Trojan House, beberapa versinya bisa membuat komputer menjadi bots. Atau biasa digunakan hacker untuk spam mail melalui internet.

02. Leap-A / Oompa-A
Macintosh yang punya konsep security through obscurity yakin tidak akan terserang virus karena OS-nya bersistem tertutup. Tapi pada tahun 2006, virus Leap-A atau biasa disebut Oompa-A muncul. Nyebar lewat iChat pada Mac. Setelah Mac terserang, virus itu akan mencari kontak melalui iChat dan mengirim pesan ke tiap kontak itu. Pesannya itu berisi file corrupt yang berbentuk JPEG. Memang tidak berbahaya, namun hal ini menyatakan bahwa masih mungkin akan ada virus berbahaya yang dapat menyerang MAC.

03. Sasser and Netsky
Penciptanya adalah anak Jerman yang masih berumur 17 tahun, Sven Jaschan. Sasser menyerang Microsoft Windows. Sasser ini tidak menyebar lewat email. Tapi jika satu komputer meng-connect / terkoneksi ke komputer yang terkena virus ini mak virus ini akan membuat komputer tidak bisa di-shutdown tanpa mencabut kabel power. Netsky menyebar melalui email dengan 22 Kb attachment file dan jaringan Windows. Bisa melakukan serangan DoS. Sven Jaschan tidak dipidana kurungan, melainkan hanya diberi masa percobaan 1 tahun 9 bulan, karena umurnya masih di bawah 18 tahun.

04. My Dome (Novarg)
Mulai menyerang tanggal 1 Februari 2004, virus ini akan membuat backdoor di OS. Pertama kali tanggal 1 itu memulai DDoS. Kedua, tanggal 12 Feb, virus ini berhenti menyebar dan mulai buat backdoors. MyDoom menyebar melalui email, selain itu akan selalu search di search engines, seperti Google mulai menerima jutaan permintaan pencarian dan bikin lambat sampai akhirnya crash. Gara2 MyDoom, Senator US Chuck Schumer mengajukan pembuatan National Virus Response Center.

05. SQL Slammer / Saphire
Muncul pada Januari 2003, menyebar cepat lewat internet. Pada waktu itu membuat layanan ATM Bank Amerika crash, hancurnya layanan 911 Seattle, dan Continental Airlines membatalkan beberapa penerbangan karena error check in dan ticketing. Dan menimbulkan kerugian lebih dari $1 milliar sebelum di-pacthed.

06. Nimda
Ini juga terjadi tahun 2001, kebalikan dari kata “admiN”. Penyebarannya sangat cepat, menurut TruSecure CTO Peter Tippet, Nimda hanya butuh 22 menit utuk membuat menjadi Top Ten saat itu. Targetnya adalah server-server Internet, menyebar lewat Internet. Nimda akan membuat backdoor ke OS, jadi penyerang bisa akses ke server dan berbuat apa saja Nimda juga menjadi DDoS.

07. Code Red & Code Red II
Muncul pada saat musim panas 2001, menyerang OS Windows 2000 & NT. Virusnya akan membuat buffer penuh dan menghabiskan memori. Paling seru adalah pada waktu berhubungan dengan White House, semua komputer yang kena virus ini bakalan otomatis akses ke web server di White House secara bersamaan, yang menyebabkan overload, alias serangan DDoS. Akhirnya Microsoft merilis patch-nya pada saat itu.

08. The Klez
Muncul pada tahun 2001, menyebar via email, mereplikasi dan mengirim ke orang2 di address book. Bikin komputer tidak bisa beroperasi, dapat memberhentikan program anti virus.

09. Melissa
Dibuat tahu 1999 oleh David L Smith, basic-nya Microsoft Word Macro. Menyebar via email dengan dokumen “Here is that document you asked for, don’t show it to anybody else”. Kalau sampai dibuka, virus akan replikasi dan otomatis mengirim ke top 50 di address book email. Smith dipenjara 20 bulan dan denda $5000 serta melarang mengakses komputer tanpa pengawasan.

10. I LOVE YOU
Setelah “Melissa”, muncul dari Filipina, bentuknya worm, program stand alone dan dapat me-replikasi sendiri. Menyebar via email, judulnya ”surat cinta” dari pengagum rahasia. Original file nya LOVE-LETTER- FOR-YOU.TXT. vbs. VBS singkatan Visual Basic Scripting. Penciptanya adalah Onel de Guzman dari Filipina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome To Kevin's Blog

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!